Tanggung Jawab Sosial Perusahaan adalah kendaraan bagi semua jenis organisasi untuk berkontribusi pada Pembangunan Berkelanjutan. Semua kegiatan CSR harus memiliki satu tujuan akhir, yaitu untuk mencapai Keberlanjutan. Melakukan CSR yang efektif berarti melakukan SMART (Specific, Measurable, Attainable, Realistic, dan Time-Bound) berdasarkan ISO 26000. CSR adalah investasi strategis yang akan memberikan keuntungan bagi organisasi, dalam bentuk lisensi sosial untuk beroperasi, meningkatkan reputasi organisasi, mengurangi gangguan bisnis, dan harga saham yang lebih tinggi.
Melalui kurikulum kami di MM-Sustainability Universitas Trisakti, para siswa akan mendapatkan semua pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Organisasi kami bertujuan untuk berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan melalui penyediaan Kurikulum “Uji Coba dan Tingkatkan” dengan memberikan studi kasus nyata, Permainan “Pohon Keberlanjutan”, Kunjungan Lapangan, Seminar Reguler, dan Klinik CSR.
CSR DAPAT BERKONTRIBUSI TERHADAP PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DENGAN MENDUKUNG KEWIRAUSAHAAN MASYARAKAT
Kewirausahaan Komunitas merupakan cabang ilmu yang bersumber dari Kewirausahaan Sosial. Bagi kami, perusahaan sosial adalah perusahaan yang mengubah masalah sosial menjadi peluang bisnis. Community enterprise adalah social enterprise yang dimiliki oleh komunitas. Sangat penting untuk mempromosikan kepemilikan komunitas lokal yang memungkinkan komunitas menjadi pemilik bisnis mereka sendiri sambil menyelesaikan masalah sosial. Kewirausahaan masyarakat akan meningkatkan harkat dan martabat masyarakat serta rasa memiliki terhadap usaha dan berdampak pada kegiatan usaha yang berdampak berkelanjutan.
Mata Kuliah Wajib Konsentrasi :
RISET SUSTAINABILITY/SUSTAINABILITY RESEARCH (3 SKS)
Mata kuliah ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiwa menulis tesis dengan melatih mereka untuk dapat melakukan atau mengevaluasi suatu penelitian khususnya di bidang sustainability. Komponen teoritik dari mata kuliah ini adalah memperkenalkan falsafah penelitian kuantitatif dan kualitatif serta memberikan suatu pemahaman luas mengenai metode pengolahan data, cara menginterpretasikan hasil pengolahan data hingga teknik penyusunan laporan penelitian di bidang Manajemen Sumber Daya Manusia. Komponen praktisnya adalah mengembangkan kecakapan membaca dan menulis penelitian serta berfikir kritis, pendefinisian masalah, pengumpulan data dan analisis data.
KOMUNIKASI CSR DAN LAPORAN KEBERLANJUTAN/CSR & SUSTAINABILITY COMMUNICATION AND REPORTING (3 SKS)
Dalam mata-kuliah ini akan dijelaskan mengenai strategi komunikasi CSR yang efektif, membuat Sustainability Report dengan menggunakan standar panduan GRI (Global Reporting Initiative), ESG (Environmental, Social dan Governance), serta panduan global lainnya dan mengikuti peraturan OJK (Otoritas Jasa Keuangan).
ANALISA RISIKO DAN PENILAIAN DAMPAK SOSIAL/RISK ANALYSIS AND SOCIAL IMPACT ASSESSMENT (3 SKS)
Mata-kuliah ini memberikan panduan teknik penilaian dampak sosial yang ditimbulkan dari kegiatan operasi organisasi/perusahaan, mengukur dan analisa resiko yang akan ditimbulkan kepada kelancaran operasi perusahaan/organisasi dengan menggunakan ISO 31000, dan pengetahuan untuk menyusun strategi mitigasi resiko.
CSR DAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN: KONSEP, KONTEKS & ISU/CSR AND SUSTAINABLE DEVELOPMENT: CONCEPT, CONTEXT & ISSUES (3 SKS)
Mata-kuliah ini berisi konsep-konsep SDGs; Sustainability; CSR; ISO 26000; Circular Economy; Sustainable Finance; CSV (Creating Shared Value); Stakeholder Mapping, Analysis, Engagement dan Management; Community Development, Social License to Operate; Exit Strategy; dan lainnya yang berkaitan dengan Sustainability. Konteks yang diajarkan adalah manajemen keberlanjutan pada berbagai industri, seperti Sustainable Finance; Sustainable Farming Management; Climate Change Mitigation and Adaptation Management; Sustainable Mining; dll. Konteks kesepakatan dunia dan peraturan pemerintah setempat juga menjadi topik dalam Mata-Kuliah ini. Selanjutnya mahasiswa akan dipandu untuk mendiskusikan masalah sustainability yang dihadapi organisasi/perusahaannya bekerja dan menggunakan konsep yang tepat serta mengkontekstualisasikan rumusan solusi yang dipilih.
CSR & SUSTAINABILITY TOOLS: DESAIN DAN APLIKASI/CSR & SUSTAINABILITY TOOLS: DESIGN AND APPLICATIONS (3 SKS)
Mata-kuliah ini memberikan pengetahuan keterampilan hard-skill serta soft-skill, dan alat tahap demi tahap untuk menyelesaikan persoalan CSR dan Sustainability yang dihadapi. Tools yang diberikan dapat digunakan untuk merencanakan program CSR/Sustainability, monitoring dan evaluasi dampak keberhasilan program. Tools yang termasuk dalam Mata- Kuliah ini antara lain: Theory U, System thinking, Sustainability Tree, Project Management, Risk Management, SDG Compass, SROI (Social Return on Investment), Iceberg Model dan Mental Model.