Konsentrasi Community Entrepreneurship Management

Konsentrasi Community Entrepreneurship Management

Konsentrasi Community Entrepreneurship ini bertujuan agar mahasiswa mampu menggunakan cara berpikir kritis untuk mengidentifikasi isu-isu global dan nasional di bidang manajemen Community Entrepreneurship yang dapat dijadikan topik penelitian. Selanjutnya juga mereviu berbagai artikel ilmiah yang relevan dengan manajemen Community Entrepreneurship . Mata kuliah ini juga mengajarkan membuat proses riset yang sistematis dan sesuai kaidah penulisan ilmiah. Selanjutnya memberikan pemahaman mendalam tentang grand theory dan konsep penelitian serta berbagai metode penelitian, termasuk berbagai alat analisis data, serta asumsi- asumsi dasar alat analisis. Tujuan akhir mata kuliah ini adalah bagaimana mahasiswa dapat mengembangkan artikel ilmiah yang berkualitas dan dapat dipublikasikan

Bahan Kajian/ Pokok Bahasan :

  1. How to prepare research proposal and Finding Research Topics
  2. Introduction to Research What is Good Research? Philosophy of Science Research Paradigm Research Process Theoretical
    Framework
  3. Qualitative vs Quantitative Research
  4. Mixed Research
  5. Metode Observasi, Metode Survei, Metode Eksperimen.
  6. Research Problem, Reserch Question, Research Purposes, Grand Theory & Literature Review yang relevan dengan penelitian.,
    Pengembangan Hipotesis
  7. Variabel dan Pengukuran
  8. Populasi dan Sampel
  9. Konsep Analisis Regresi Berganda (Multiple Regression Analysis),
    RPS MK – 3
  10. Konsep Structural Equation Model (SEM)
  11. Interpretasi, temuan dan pembahasan hasil Penelitian dan keterkaitan hasil penelitian dengan teori serta penelitian sebelumnya
  12. Pembuatan dan penyajian Proposal Penelitian
  13. Pembuatan dan penyajian laporan hasil penelitian serta menyajikan tesis dan mempublikasikan tesis Dalam Bidang Manajemen
    Community Entrepreneurship 

MATA KULIAH WAJIB KONSENTRASI :

RISET MANAJEMEN KEWIRAUSAHAAN MASYARAKAT/COMMUNITY AND ENTREPRENEURSHIP RESEARCH
EMR8709 (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiwa menulis tesis dengan melatih mereka untuk dapat melakukan atau mengevaluasi suatu penelitian khususnya di bidang community dan entrepreneurship. Komponen teoritik dari mata kuliah ini adalah memperkenalkan falsafah penelitian kuantitatif dan kualitatif serta memberikan suatu pemahaman luas mengenai metode pengolahan data, cara menginterpretasikan hasil pengolahan data hingga teknik penyusunan laporan penelitian di bidang Manajemen Sumber Daya Manusia. Komponen praktisnya adalah mengembangkan kecakapan membaca dan menulis penelitian serta berfikir kritis, pendefinisian masalah, pengumpulan data dan analisis data. 

SOCIAL ENTERPRISES AND NON PROFIT
EMR8710 (3 SKS)

Matakuliah berisi konsep, isu, konteks dan best practice perusahaan sosial dan nirlaba. Perusahaan sosial dan nirlaba berusaha untuk memadukan dua alur pemikiran dan tindakan yaitu misi sosial untuk melayani kepentingan publik dan masyarakat serta pengenalan praktik bisnis nirlaba. Tujuan dari matakuliah ini adalah untuk memungkinkan mahasiswa untuk mengidentifikasi solusi dampak sosial yang efektif ,memahami cara kerja, menganalisis dan memberikan rekomendasi praktik terbaiknya baik dalam konteks Indonesia maupun global.

PENGEMBANGAN MASYARAKAT PRAKTIK LOKAL DAN INTERNASIONAL /COMMUNITY DEVELOPMENT: LOCAL AND INTERNATIONAL PRACTICES
EMR8711 (3 SKS)

Matakuliah ini berisi pendekatan dasar, metodologi, dan teknik pengembangan masyarakat dalam kerangka kerja konteks nasional dan internasional. Mahasiswa akan mempelajari perencanaan proyek dan proses partisipasi masyarakat. Selanjutnya mahasiswa akan mengembangkan kemampuan dasar dalam praktik pengembangan masyarakat, dan dilibatkan dalam mengeksplore studi kasus yang berfokus pada tantangan pengembangan masyarakat saat ini baik dalam konteks nasional maupun internasional.

MANAJEMEN IDE DAN MEMBANGUN KAPASITAS INOVASI/IDEA MANAGEMENT AND BUILDING INNOVATION CAPACITY
EMR8712 (3 SKS)

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang pentingnya inovasi teknologi dalam inovasi sosial. Matakuliah ini juga membahas pada bagaimana wirausaha social memilih dan mengembangkan ide, proses penelitian dan pengembangan, kolaborasi dan inovasi terbuka, dan pengelolaan kekayaan intelektual.

PEMASARAN UNTUK PERUBAHAN SOSIAL/MARKETING FOR SOCIAL CHANGE
EMR8713 (3 SKS)

Mata kuliah ini membahas pendekatan pemasaran sosial yang strategis untuk mengidentifikasi dan mempelajari masalah sosial. Dalam praktiknya, pemasaran sosial berupaya mengintegrasikan konsep pemasaran, dengan pendekatan lain untuk mempenguhi perubahan perilaku yang baik bagi individu, komunitas, dan masyarakat luas bagi kebermanfaatan sosial. Panduan pemasaran sosial berdasarkan prinsip etika dan teori pemasaran dalam memahami konsumen dan pemangku kepentingan lainnya, serta menerapkan teknik dan strategi pemasaran untuk mempengaruhi perubahan sosial di tingkat mikro, meso, dan makro masyarakat

 

MM Feb 💬