Konsentrasi Marketing Management
Manajemen Pemasaran adalah Konsentrasi bertujuan untuk memahami cara perusahaan mencapai tujuan pemasarannya dengan menentukan target pasar dan menggunakan strategi serta taktik untuk mendesain, menyampaikan dan mengkomunikasikan nilai yang ditawarkan agar mendapatkan keuntungan untuk perusahaan. Hal ini dapat dilakukan dengan memilih target pasar yang tepat, menciptakan nilai dan membangun hubungan yang baik dengan konsumen, membangun merek yang kuat, mendesain penawaran pasar, memahami strategi untuk menyampaikan nilai dan mengkomunikasikannya kepada konsumen serta menciptakan pertumbuhan jangka panjang dengan berbagai tipe produk keuangan dan turunannya, yang diimplementasikan dalam praktek bisnis serta berbagai alat manajemen resiko, sehingga dengan demikian akan memiliki pengalaman belajar dalam melakukan pengambilan keputusan keuangan seorang manajer pada situasi-situasi tertentu yang dihadapi.
Pokok Pembahasan Konsentrasi :
- Definisi pemasaran dalam konteks terkini dan pengembangan perencanaan strategi pemasaran.
- Pengumpulan informasi, peramalan permintaan, dan pembahasan tentang riset pemasaran.
- Pembahasan terkait hubungan jangka panjang dengan pelanggan, analisa pasar konsumen maupun bisnis serta penetrasi pasar global.
- Identifikasi segmentasi dan target pasar, pembahasan terkait ekuitas dan positioning merek.
- Strategi produk/layanan, dan pengenalan pada pasar baru serta strategi penentuan harga.
- Desain dan manajemen saluran pemasaran yang terintegrasi beserta saluran distribusi
- Komunikasi pemasaran yang terintegrasi di mana penekanan pembahasan pada komunikasi mass dan digital serta komunikasi berbasis data base dan secara langsung.
- Pemasaran holistik yang berorientasi pada kesuksesan organisasi di masa depan.
MATA KULIAH WAJIB KONSENTRASI
RISET MANAJEMEN PEMASARAN/MARKETING MANAGEMENT RESEARCH (3 SKS)
Mata kuliah ini bertujuan untuk mempersiap kan para mahasiwa untuk menulis tesis pada tingkat Magister serta melatih mereka untuk dapat melakukan atau mengevaluasi suatu penelitian sebagai bagian dari karirnya dalam bidang pemasaran. Komponen teoritik dari mata kuliah ini adalah memperkenalkan falsafah penelitian kuantitatif dan kualitatif serta memberikan suatu pemahaman luas mengenai metode dasar penelitian. Komponen praktisnya adalah mengemb angkan kecakapan membaca dan menulis penelitian serta berfikir kritis, pendefinisian masalah, pengumpulan data dan analisis data.
MANAJEMEN PEMASARAN JASA/MARKETING SERVICES MANAGEMENT (3 SKS)
Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami peran penting pengelolaan pelayanan saat ini dan masa yang akan datang. Merancang strategi layanan berkualitas termasuk kerangka kerja untuk manajemen yang berfokus pada pelanggan, dan strategi bagaimana meningkatkan kepuasan dan retensi pelanggan melalui strategi layanan. Mata kuliah ini juga membahas manajemen dan pengukuran kualitas layanan, pemulihan layanan, keterkaitan pengukuran pelanggan dengan pengukuran kinerja, pemetaan layanan, serta penanganan masalah lintas fungsi melalui integrasi pemasaran dengan disiplin ilmu seperti operasi dan sumber daya manusia.
MANAJEMEN PEMASARAN GLOBAL/GLOBAL MARKETING MANAGEMENT (3 SKS)
Mata kuliah Global Marketing Management dirancang untuk memberikan pemahaman mengenai strategi memasuki pasar global dengan memahami lingkungan pasar global (global marketing environments) seperti lingkungan ekonomi, hukum, politik, budaya, perilaku konsumen), penelitian dalam pasar global, menetapkan global marketing strategies dan global marketing tactics dengan mendesain bauran pemasaran yang tepat serta keberlanjutan pemasaran dalam lingkup global.
PEMASARAN STRATEGIK/STRATEGIC MARKETING ( 3 SKS)
Mata kuliah ini bertujuan untuk mengenali peran penting pemasaran strategik dalam manajemen perusahaan dan keterlibatannya untuk menghadapi perkembangan ekonomi di masa mendatang. Pemasaran strategi adalah kegiatan yang sangat penting bagi setiap perusahaan, bukan hanya perusahaan-perusahaan besar yang memiliki departemen pemasaran. Pemasaran strategi penting juga bukan untuk manajer pemasaran saja, tetapi juga untuk orang-orang lain di dalam perusahaan. Pemasaran strategik dapat memiliki pengaruh yang besar bagaimana membuat konsumen puas atau tidak puas, berkenaan dengan produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan. Banyak marketer menghabiskan sejumlah uang untuk meluncurkan produk dan tidak berhubungan dengan orang-orang yang terlibat dalam proses produksi barang maupun jasa dari perusahaan tertentu. Padahal orang- orang inilah sebenarnya yang memerlukan pula apa itu strategi pemasaran. Pemasaran strategik biasanya mengacu pada kisah-kisah sukses di masa lampau, mereka berharap bahwa kesuksesan itu akan berulang lagi sekarang yang kemungkinan besarnya konteksnya sudah berubah sama sekali.
PERILAKU KONSUMEN DAN STRATEGI PEMASARAN/CONSUMER BEHAVIOR AND MARKETING STRATEGY (3 SKS)
Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami kerangka konseptual perilaku konsumen dan berbagai isu yang relavan dalam proses pengambilan keputusan secara terpadu dalam strategi permasaran. Pembahasan menggunakan pendekatan multidisiplin dan berkaitan dengan psikologi, antropologi, sosiologi, dan komunikasi. Selanjutnya dibahas faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam melakukan pembelian baik faktor eksternal seperti budaya, kelas sosial, dan sebagainya; serta faktor internal seperti sikap, kepribadian, gaya hidup, persepsi, dan motivasi.