Konsentrasi Service Management

Konsentrasi Service Management

Konsentrasi Manajamen Jasa Untuk bisnis, dalam industri apa pun, penyediaan layanan merupakan pembeda utama. Implikasi dari penyediaan layanan, dan bagaimana layanan dikelola dan dipasarkan dengan baik, semakin penting. Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami implikasi praktis dari karakteristik unik layanan dan penyediaan layanan dan untuk membantu mengatasi tantangan pemasaran dan pengelolaan layanan. Membangun, dan memperluas, konsep dan model manajemen pemasaran jasa menunjukkan bagaimana penerapannya pada sektor jasa. Konsentrasi ini berfokus pada karakteristik khusus dan masalah pemasaran dalam organisasi jasa.

Materi Pokok Pembahasan Konsentrasi :

     

      • Pendahuluan (overview Marketing dan Service Marketing)

      • Foundation of Service Marketing (Introduction to service,service from the perspective of Service dominant logics)

      • Focus on the customer

      • Understanding customer requirements (Listening to the customer through research, Building customer relationship and service recovery).

      • Managing people for service advantage/employee role in service

      • Six levels of service

      • Designing service process, balancing deman and supply, crafting the service environment.

      • 7 P’s of service marketing.

      • Service marketing in digital era and service innovation & design.

      • Managing service promise

      • Aligning service design & standards

      • Developing customer Relationships

      • Complaint handling & Service recovery

      • Striving for customer excellence

    MATA KULIAH WAJIB KONSENTRASI :

    RISET MANAJEMEN LAYANAN/SERVICE MANAGEMENT RESEARCH
    EMM8604 (3 SKS)

    Bertujuan untuk mengajarkan mahasiswa tentang metodologi penelitian yang digunakan
    dalam memahami, menganalisis, dan meningkatkan layanan yang disediakan oleh suatu
    organisasi. Mata kuliah ini fokus pada riset yang berkaitan dengan manajemen layanan, baik
    dalam sektor bisnis maupun sektor publik. Mahasiswa akan mempelajari metode penelitian
    yang digunakan dalam riset manajemen layanan, termasuk perancangan penelitian,
    pengumpulan data, analisis data, dan interpretasi hasil penelitian. 

    MANAJEMEN PEMASARAN JASA/MARKETING SERVICES MANAGEMENT (3 SKS)

    Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami  peran penting  pengelolaan pelayanan saat ini dan masa yang akan datang. Merancang strategi layanan berkualitas termasuk kerangka kerja   untuk   manajemen   yang   berfokus   pada   pelanggan,   dan   strategi   bagaimana meningkatkan kepuasan dan retensi pelanggan melalui strategi layanan. Mata kuliah ini juga membahas manajemen dan pengukuran kualitas layanan, pemulihan layanan, keterkaitan pengukuran pelanggan dengan  pengukuran kinerja, pemetaan  layanan,  serta penanganan masalah lintas fungsi melalui integrasi pemasaran dengan disiplin ilmu seperti operasi dan sumber daya manusia.

    MANAJEMEN PEMASARAN GLOBAL/GLOBAL MARKETING MANAGEMENT (3 SKS)

    Mata kuliah ini fokus pada bagaimana perusahaan dapat mengembangkan dan mengelola pemasaran jasa yang efektif di pasar global yang beragam. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan mahasiswa pemahaman yang mendalam tentang pemasaran jasa dalam skala global dan keterampilan yang diperlukan untuk berhasil beroperasi di pasar global yang kompleks.

    PENCIPTAAN NILAI PRIBADI DAN PASAR/PERSONAL AND MARKET VALUE CREATION (3 SKS)

    Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan mahasiswa pemahaman yang mendalam tentang bagaimana menciptakan dan mengaplikasikan nilai baik secara personal maupun di pasar yang lebih luas untuk mencapai kesuksesan karier dan bisnis dan Mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan kreatifitas dan value creation setiap mahasiswa yang merupakan salah satu jembatan yang mampu meningkatkan nilai suatu entitas diri pada level yang lebih tinggi.

    MENGELOLA LAYANAN DALAM LINGKUNGAN DIGITAL/SERVICE MANAGEMENT IN DIGITAL ENVIRONMENT
    EMH8715 (3 SKS)

    Membahas strategi dan praktik yang terkait dengan pengelolaan layanan di era digital. Fokus utama mata kuliah ini adalah memahami bagaimana teknologi digital dan internet telah mengubah cara organisasi menyediakan layanan kepada pelanggan. Selama perkuliahan, mahasiswa akan mempelajari konsep dasar dan prinsip pengelolaan layanan dalam lingkungan digital. Mahasiswa akan memahami

     

    MM Feb 💬