Konsentrasi Manajamen Jasa Untuk bisnis, dalam industri apa pun, penyediaan layanan merupakan pembeda utama. Implikasi dari penyediaan layanan, dan bagaimana layanan dikelola dan dipasarkan dengan baik, semakin penting. Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami implikasi praktis dari karakteristik unik layanan dan penyediaan layanan dan untuk membantu mengatasi tantangan pemasaran dan pengelolaan layanan. Membangun, dan memperluas, konsep dan model manajemen pemasaran jasa menunjukkan bagaimana penerapannya pada sektor jasa. Konsentrasi ini berfokus pada karakteristik khusus dan masalah pemasaran dalam organisasi jasa.
Materi Pokok Pembahasan Konsentrasi :
- Pendahuluan (overview Marketing dan Service Marketing)
- Foundation of Service Marketing (Introduction to service,service from the perspective of Service dominant logics)
- Focus on the customer
- Understanding customer requirements (Listening to the customer through research, Building customer relationship and service recovery).
- Managing people for service advantage/employee role in service
- Six levels of service
- Designing service process, balancing deman and supply, crafting the service environment.
- 7 P’s of service marketing.
- Service marketing in digital era and service innovation & design.
- Managing service promise
- Aligning service design & standards
- Developing customer Relationships
- Complaint handling & Service recovery
- Striving for customer excellence
Maya Kuliah Wajib Konsentrasi :
RISET MANAJEMEN PEMASARAN/MARKETING MANAGEMENT RESEARCH (3 SKS)
Mata kuliah ini bertujuan untuk mempersiapkan para mahasiwa untuk menulis tesis pada tingkat Magister serta melatih mereka untuk dapat melakukan atau mengevaluasi suatu penelitian sebagai bagian dari karirnya dalam bidang pemasaran. Komponen teoritik dari mata kuliah ini adalah memperkenalkan falsafah penelitian kuantitatif dan kualitatif serta memberikan suatu pemahaman luas mengenai metode dasar penelitian. Komponen praktisnya adalah mengembangkan kecakapan membaca dan menulis penelitian serta berfikir kritis, pendefinisian masalah, pengumpulan data dan analisis data.
MANAJEMEN PEMASARAN JASA/MARKETING SERVICES MANAGEMENT (3 SKS)
Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami peran penting pengelolaan pelayanan saat ini dan masa yang akan datang. Merancang strategi layanan berkualitas termasuk kerangka kerja untuk manajemen yang berfokus pada pelanggan, dan strategi bagaimana meningkatkan kepuasan dan retensi pelanggan melalui strategi layanan. Mata kuliah ini juga membahas manajemen dan pengukuran kualitas layanan, pemulihan layanan, keterkaitan pengukuran pelanggan dengan pengukuran kinerja, pemetaan layanan, serta penanganan masalah lintas fungsi melalui integrasi pemasaran dengan disiplin ilmu seperti operasi dan sumber daya manusia.
MANAJEMEN PEMASARAN GLOBAL/GLOBAL MARKETING MANAGEMENT (3 SKS)
Mata kuliah Global Marketing Management dirancang untuk memberikan pemahaman mengenai strategi memasuki pasar global dengan memahami lingkungan pasar global (global marketing environments) seperti lingkungan ekonomi, hukum, politik, budaya, perilaku konsumen), penelitian dalam pasar global, menetapkan global marketing strategies dan global marketing tactics dengan mendesign bauran pemasaran yang tepat serta keberlanjutan pemasaran dalam lingkup global.
PENCIPTAAN NILAI PRIBADI DAN PASAR/PERSONAL AND MARKET VALUE CREATION (3 SKS)
Mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan kreatifitas dan value creation setiap mahasiswa yang merupakan salah satu jembatan yang mampu meningkatkan nilai suatu entitas diri pada level yang lebih tinggi.
MENGELOLA JASA/MANAGING SERVICES (3 SKS)
Layanan menyentuh kehidupan setiap orang. Sedangkan filosofi dan strategi manajemen pelayanan diimplementasikan. Tujuan dari mata kuliah ini adalah untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan yang diperlukan untuk memahami karakteristik khas layanan dan merumuskan strategi yang baik untuk meminimalkan masalah kualitas.