VISI #
Terwujudnya sebuah pusat penjaminan mutu internal yang independen dan profesional.
MISI #
- Mendorong sumberdaya manusia di lingkup Universitas Trisakti agar selalu memiliki kesadaran dan tanggungjawab terhadap mutu akademik dan non-akademik.
- Meningkatkan kompetensi BJM secara terus menerus agar bisa menangani penjaminan mutu akademik dan non-akademik secara independen, profesional dan kolegial.
- Menggalakkan, menciptakan, mengembangkan dan memelihara sistem penjaminan mutu akademik dan non-akademik secara berkelanjutan.
TUJUAN #
- Menjamin mutu pelaksanaan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang profesional, bertanggung jawab, mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional, serta mampu mengembangkan diri.
- Menjamin mutu pelaksanaan penelitian yang berkulitas dan bermanfaat bagi masyarakat, di tingkat nasional dan internasional.
- Menjamin mutu pelayanan sosial yang memenuhi kebutuhan dan kepuasan masyarakat.
- Meningkatkan perbaikan sistem manajemen akademik secara berkelanjutan di lingkungan Universitas Trisakti dalam memberikan pelayanan akademik dan pelayanan administrasi pada pemangku kepentingan (stakeholders), baik internal (mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan) maupun eksternal (masyarakat, dunia usaha, asosiasi profesi dan pemerintah).
SASARAN #
- Perencanaan, pengendalian dan pengembangan sistem penjaminan mutu internal di semua unit secara konsisten dan berkelanjutan.
- Monitoring dan evaluasi terhadap proses akademik yang mencakup tridharma perguruan tinggi dan proses non-akademik yang bersifat umum secara berkelanjutan.
- Terselenggaranya audit mutu internal terhadap proses akademik dan non-akademik secara periodik di seluruh unit.
- Peningkatan akreditasi program studi dan institusi.
TUGAS #
- Merencanakan, mengendalikan dan mengembangkan sistem penjaminan mutu internal yang mencakup program akademik pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta program dan kegiatan non-akademik yang bersifat umum secara konsisten dan berkelanjutan.
- Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap proses akademik yang mencakup tridharma perguruan tinggi dan proses non-akademik.
- Melakukan pendampingan terhadap pelaksanaan prosedur proses dalam upaya untuk meningkatkan akreditasi program studi.
- Melakukan audit mutu internal terhadap proses akademik dan non-akademik secara periodik.
- Melaksanakan kajian terhadap hasil pelaksanaan penjaminan mutu yang dilaksanakan oleh Fakultas/Lembaga/Unit.
- Melaksanakan kajian dan pengembangan instruksional terhadap pelaksanaan proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh Fakultas, khususnya program studi.
- Menyampaikan hasil kajian kepada Rektor dengan tembusan kepada para Wakil Rektor.
Organisasi #
Badan Jaminan Mutu (BJM) secara struktural bertanggung jawab kepada Rektor, dan dalam tugas sehari-hari dibawah koordinasi dengan Wakil Rektor Bidang Akademik untuk bidang akademik dan Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan untuk bidang non-akademik.
Organisasi BJM terdiri atas Direktur, Kepala Sekretariat, Kepala Bidang Pembinaan Sistem Jaminan Mutu, Kepala Bidang Audit Mutu Internal, Kepala Bidang Akreditasi, dan Kepala Bidang Pengkajian dan Pengembangan Instruksional.
- Dokument Formal SPMI
- SOP JAMUT FEB
- Standart Mutu FEB
1. SURAT KETERANGAN TIM JAMINAN MUTU FAKULTAS EKONOMI & BISNIS UNIVERSITAS TRISAKTI
2. PERMENDIKBUD 3 TAHUN 2020 FIX GAB
3. PERATURAN PERMENRISTEKDIKTI NOMOR 62 TAHUN 2016 TENTANG SPM PT
4. PEDOMAN-SISTEM-PENJAMINAN-MUTU-DIKTI-rev-28-03-2016.compressed
5. PERMENRISTEKDIKTI-NOMOR-44-TAHUN-2015-TENTANG-SNPT-SALINAN
6. Kebijakan Akademik 2020
7. Manual-SPMI-Universitas-Trisakti-2021
8. Standar Mutu Pendidikan Usakti 2021_18 Nov 2021
9. Standar Mutu Penelitian Usakti 2021_18 Nov 2021
10. Standar Mutu PKM Usakti 2021
11. Standar-Mutu-Universitas-Trisakti-2022-Kekhususan-TataPamong-TataKelola
12. Buku Standar Mutu 2017 Kekhususan – Mahasiswa dan Alumni
13. Buku Standar Mutu 2017 Kekhususan – Sistem Informasi
SOP-IT-01 BACKUP DATA
SOP-IT-02 PERMINTAAN DATA DAN LAPORAN
SOP-ALM-01 Pengelolaan alumni dan pengguna lulusan
SOP-KBM-03 Persiapan Proses Belajar Mengajar
SOP-KBM-04 Peninjauan dan Pengembangan Kurikulum, Silabus dan RPS
SOP-KBM-05 Pembuatan dan Evaluasi Bahan Ajar-Modul
SOP-KBM-06 Pelaksanaan KBM Monitoring Kehadiran Dosen
SOP-KBM-07 Monitoring Kehadiran Mahasiswa
SOP-KBM-08 Evaluasi Pelaksanaan KBM
SOP-KBM-09 Monitoring Realisasi Materi Perkuliahan
SOP-KBM-10 Pembimbingan Dosen Wali
SOP-KBM-11 Pelaksanaan pembimbingan tugas akhir
SOP-KBM-12 Penyelenggaraan Rapat
SOP-KBM-13 Sidang Tugas Akhir
SOP-KBM-14 Evaluasi PelayananAdministrasi Akademik
SOP-KBM-15 Pemutakhiran Data dan status mahasiswa
SOP-MHS-01 Prosedur Proses Cuti
SOP-MHS-02 Prosedur Proses Pengunduran Diri
SOP-MHS-03 Prosedur Proses Drop Out
SOP-MHS-04 Prosedur Proses Pemberian Beasiswa _ Keringanan Biaya
SOP-KEU-01 Prosedur Sumber Pendanaan
SOP-KEU-02 Prosedur Penggunaan Pendanaan
SOP-QMR-01 Internal Audit
SOP-QMR-02 Rapat Tinjauan Manajemen
SOP-QMR-03 Tindakan Perbaikan dan Pencegahan
SOP-QMR-04 Pengendalian Catatan
SOP-QMR-06 Pengendalian Dokumen External.docx
SOP-PNL-01 Pelaksanaan Penelitian
SOP-PNL-02 Klinik Proposal.docx
SOP-PNL-03 Publikasi Hasil Penelitian.docx
SOP-PUS-01 Monitoring koleksi perpustakaan
SOP-QMR-05 Pengendalian Dokumen Internal
SOP-QMR-06 Pengendalian Dokumen External.docx
SOP-PNL-01 Pelaksanaan Penelitian
SOP-PNL-02 Klinik Proposal.docx
SOP-PNL-03 Publikasi Hasil Penelitian.docx
SOP-PUS-01 Monitoring koleksi perpustakaan
SOP-PUS-02 Penambahan Koleksi
SOP-PUS-03 Sirkulasi.docx
SOP-PUS-04 Plagiarisme
SOP-PKM-01 Pelaksanaan PKM_Final Rabu 8 Mei 2019 (1)
SOP-PKM-02 Publikasi Hasil PKM (1)_Final 8 Mei 19
SOP-SRP-01 PENGADAAN BARANG DAN JASA
SOP-SRP-02 PENGELUARAN BARANG DAN JASA.docx
SOP-SRP-03 PENERIMAAN DAN PENYIMPANAN BARANG.docx
SOP-SRP-04 PENCATATAN INVENTARIS
SOP-SRP-05 SOP MONITORING ASSET
SOP-SRP-06 PERAWATAN DAN PERBAIKAN SARANA PRASARANA
SOP-SRP-07 SELEKSI DAN EVALUASI PIHAK KETIGA
SOP-SDM-01 Rekrutmen Dosen dan Karyawan
SOP-SDM-02 Pengembangan Karyawan
SOP-SDM-03 Evaluasi Kompetensi Dosen Tetap.docx
SOP-SDM-04 Evaluasi Kompetensi Tenaga Kependidikan
1 SKL
2 Standar Isi PembelajaranFEB Usakti
3 Standar Proses Pembelajaran
4 Standar Penilaian Pembelajaran
5 Standar Dosen
6 Standar Tendik
7 Standar Sarana dan prasarana
8 Standar Pembiayaan