Galeri

Rabu, 18 Desember 2024

Mata Kuliah Baru Konsentrasi Sustainability Management yang bekerjasama dengan MASUDEM untuk Tahun 2025/2026

Sustainability Management adalah kendaraan bagi semua jenis organisasi untuk berkontribusi pada Pembangunan Berkelanjutan. Semua kegiatan CSR harus memiliki satu tujuan akhir, yaitu untuk mencapai Keberlanjutan. Melakukan CSR yang efektif berarti melakukan SMART (Specific, Measurable, Attainable, Realistic, dan Time-Bound) berdasarkan ISO 26000. CSR adalah investasi strategis yang akan memberikan keuntungan bagi organisasi, dalam bentuk lisensi sosial untuk beroperasi, meningkatkan reputasi organisasi, mengurangi gangguan bisnis, dan harga saham yang lebih tinggi.

Melalui kurikulum kami di MM-Sustainability Development Management Universitas Trisakti, para siswa akan mendapatkan semua pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Organisasi kami bertujuan untuk berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan melalui penyediaan Kurikulum dengan memberikan studi kasus nyata, Permainan “Pohon Keberlanjutan”, Kunjungan Lapangan, Seminar Reguler, dan Klinik CSR

Beberapa topik utama yang biasanya diajarkan dalam kuliah bisnis digital meliputi:

  1. Research Methods in Sustainable Development merupakan mata kuliah Pembangunan berkelanjutan dengan pendekatan holistik untuk memenuhi kebutuhan masa kini tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri. Pendekatan ini mencakup keseimbangan antara pertimbangan ekonomi, sosial, dan lingkungan, yang bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang tangguh dan adil sekaligus melestarikan sumber daya alam di bumi.
  2. CSR and Sustainable Development merupakan mata kuliah Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) yang telah mendapat perhatian yang semakin meningkat dari perusahaan publik, lembaga pemerintah, dan peneliti. CSR dianggap sebagai bentuk investasi jangka panjang perusahaan yang dapat memberikan efek positif terhadap keunggulan kompetitif. Menerapkan CSR di perusahaan tidak lagi hanya sekedar biaya, lebih dari itu, CSR dianggap sebagai bentuk investasi perusahaan.
  3. ESG Investment and Reporting mata kuliah ini merupakan Konsep investasi ESG berpusat pada integrasi faktor Lingkungan (E), Sosial (S), dan Tata Kelola (G) ke dalam keputusan investasi. Hubungan antara ketiga komponen ini terletak pada fokus kolektif mereka dalam menilai dan mengelola dampak yang lebih luas dan praktik-praktik keberlanjutan dari sebuah perusahaan atau investasi.
  4. Project Management for Sustainable Organization mata kuliah ini mendefinisikan proyek sebagai upaya sementara yang dilakukan untuk menciptakan produk, layanan, atau hasil yang unik. Sifat sementara dari proyek menunjukkan awal dan akhir yang pasti. Akhir dicapai ketika tujuan proyek telah tercapai atau ketika proyek dihentikan karena tujuannya tidak akan atau tidak dapat dipenuhi, atau ketika kebutuhan akan proyek tersebut sudah tidak ada lagi
  5. Sustainable Leadearship mata kuliah ini mencoba mengintegrasikan informasi lingkungan dan informasi tentang dampak sosial bisnis dengan informasi tentang kinerja ekonomi (keuangan) bisnis. Tujuannya adalah agar informasi tersebut dapat mendukung proses pengambilan keputusan di perusahaan dan berkontribusi pada keberlanjutan jangka panjang. Artinya, para eksekutif dan manajer harus mempertimbangkan faktor lingkungan dan sosial ketika mengambil keputusan dan membuat keputusan strategis agar bisnis mampu sejahtera tidak hanya secara ekonomi, tetapi juga secara lingkungan dan sosial.

Dengan kombinasi smart learning dan active learning siap menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan di pasar kerja yang kompetitif. Mata kuliah ini akan dipakai untuk

MM Feb 💬