Sustainability Responsibility

Sustainability Responsibility

KULIAH WAJIB KONSENTRASI

RISET SUSTAINABILITY/SUSTAINABILITY RESEARCH (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiwa   menulis tesis dengan melatih mereka untuk dapat melakukan atau mengevaluasi suatu penelitian khususnya di bidang sustainability.  Komponen  teoritik  dari  mata  kuliah  ini adalah  memperkenalkan  falsafah penelitian kuantitatif dan kualitatif serta memberikan suatu pemahaman luas mengenai metode  pengolahan  data,  cara  menginterpretasikan  hasil  pengolahan  data  hingga  teknik penyusunan laporan penelitian di bidang Manajemen Sumber Daya Manusia. Komponen praktisnya  adalah  mengembangkan  kecakapan  membaca  dan  menulis  penelitian  serta berfikir kritis, pendefinisian masalah, pengumpulan data dan analisis data.

KOMUNIKASI  CSR  DAN  LAPORAN KEBERLANJUTAN/CSR  & SUSTAINABILITY COMMUNICATION AND REPORTING (3 SKS)

Dalam mata-kuliah ini akan dijelaskan mengenai strategi komunikasi CSR yang efektif, membuat Sustainability Report dengan menggunakan standar panduan GRI (Global Reporting Initiative), ESG (Environmental, Social dan Governance), serta panduan global lainnya dan mengikuti peraturan OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

ANALISA RISIKO DAN PENILAIAN DAMPAK SOSIAL/RISK ANALYSIS AND SOCIAL IMPACT ASSESSMENT (3 SKS)

Mata-kuliah ini memberikan panduan teknik penilaian dampak sosial yang ditimbulkan dari kegiatan operasi organisasi/perusahaan, mengukur dan analisa resiko yang akan ditimbulkan kepada kelancaran operasi perusahaan/organisasi dengan menggunakan ISO 31000, dan pengetahuan untuk menyusun strategi mitigasi resiko.

CSR DAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN: KONSEP, KONTEKS & ISU/CSR AND SUSTAINABLE DEVELOPMENT: CONCEPT, CONTEXT & ISSUES (3 SKS)

Mata-kuliah ini berisi konsep-konsep SDGs; Sustainability; CSR; ISO 26000; Circular Economy; Sustainable Finance; CSV (Creating Shared Value); Stakeholder Mapping, Analysis, Engagement dan Management; Community Development, Social License to Operate; Exit Strategy; dan lainnya yang berkaitan dengan Sustainability. Konteks yang diajarkan adalah manajemen keberlanjutan pada berbagai industri, seperti Sustainable Finance; Sustainable Farming Management; Climate Change Mitigation and Adaptation Management; Sustainable Mining; dll. Konteks kesepakatan dunia dan peraturan pemerintah setempat juga menjadi topik dalam Mata-Kuliah ini. Selanjutnya mahasiswa akan dipandu untuk   mendiskusikan   masalah   sustainability   yang   dihadapi   organisasi/perusahaannya bekerja dan menggunakan konsep yang tepat serta mengkontekstualisasikan rumusan solusi yang dipilih.

CSR & SUSTAINABILITY TOOLS: DESAIN DAN APLIKASI/CSR & SUSTAINABILITY TOOLS: DESIGN AND APPLICATIONS (3 SKS)

Mata-kuliah ini memberikan pengetahuan keterampilan hard-skill serta soft-skill, dan alat tahap demi tahap untuk menyelesaikan persoalan CSR dan Sustainability yang dihadapi. Tools yang diberikan dapat digunakan untuk merencanakan program CSR/Sustainability, monitoring dan evaluasi dampak keberhasilan program. Tools yang termasuk dalam Mata- Kuliah ini  antara lain: Theory U, System thinking, Sustainability Tree, Project Management, Risk Management, SDG Compass, SROI (Social Return on Investment), Iceberg Model dan Mental Model.