Service Management

Service Management

MATA KULIAH WAJIB KONSENTRASI

RISET MANAJEMEN PEMASARAN/MARKETING MANAGEMENT RESEARCH (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan untuk mempersiapkan para mahasiwa untuk menulis tesis pada tingkat  Magister serta  melatih mereka  untuk dapat  melakukan  atau  mengevaluasi  suatu penelitian sebagai bagian dari karirnya dalam bidang pemasaran. Komponen teoritik dari mata kuliah ini adalah memperkenalkan falsafah penelitian kuantitatif dan kualitatif serta memberikan   suatu   pemahaman   luas   mengenai   metode   dasar   penelitian.   Komponen praktisnya  adalah mengembangkan  kecakapan  membaca  dan  menulis  penelitian    serta berfikir kritis, pendefinisian masalah, pengumpulan data dan analisis data.

MANAJEMEN PEMASARAN JASA/MARKETING SERVICES MANAGEMENT (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami  peran penting  pengelolaan pelayanan saat ini dan masa yang akan datang. Merancang strategi layanan berkualitas termasuk kerangka kerja   untuk   manajemen   yang   berfokus   pada   pelanggan,   dan   strategi   bagaimana meningkatkan kepuasan dan retensi pelanggan melalui strategi layanan. Mata kuliah ini juga membahas manajemen dan pengukuran kualitas layanan, pemulihan layanan, keterkaitan pengukuran pelanggan dengan  pengukuran kinerja, pemetaan  layanan,  serta penanganan masalah lintas fungsi melalui integrasi pemasaran dengan disiplin ilmu seperti operasi dan sumber daya manusia.

MANAJEMEN PEMASARAN GLOBAL/GLOBAL MARKETING MANAGEMENT (3 SKS)

Mata kuliah   Global Marketing Management dirancang untuk memberikan pemahaman mengenai strategi memasuki pasar global  dengan memahami lingkungan pasar global (global marketing environments) seperti lingkungan ekonomi, hukum, politik, budaya, perilaku konsumen), penelitian   dalam   pasar   global,   menetapkan   global   marketing strategies   dan   global marketing tactics dengan mendesign bauran pemasaran yang tepat serta keberlanjutan pemasaran dalam lingkup global.

PENCIPTAAN NILAI PRIBADI DAN PASAR/PERSONAL AND MARKET VALUE CREATION (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan kreatifitas dan value creation setiap mahasiswa yang merupakan salah satu jembatan yang mampu meningkatkan nilai suatu entitas diri pada level yang lebih tinggi.

MENGELOLA JASA/MANAGING SERVICES (3 SKS)

Layanan menyentuh kehidupan setiap orang. Sedangkan filosofi dan strategi manajemen pelayanan diimplementasikan. Tujuan dari mata kuliah ini adalah untuk membekali mahasiswa  dengan  pengetahuan  yang  diperlukan  untuk  memahami  karakteristik  khas layanan dan merumuskan strategi yang baik untuk meminimalkan masalah kualitas.