Operation and Supply Chain Management

Operation and Supply Chain Management

MATA KULIAH WAJIB

RISET OPERASI & RANTAI PASOK/OPERATION & SUPPLY CHAIN RESEARCH (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan untuk mempersiapkan para mahasiwa untuk menulis tesis pada tingkat Magister di bidang produksi dengan melatih mereka untuk dapat melakukan atau mengevaluasi suatu penelitian khususnya di bidang produksi dengan mengidentifikasi berbagai aktivitas di bidang produksi. Komponen teoritik dari mata kuliah ini adalah memperkenalkan falsafah penelitian kuantitatif dan kualitatif serta memberikan suatu pemahaman luas mengenai metode pengolahan data, cara menginterpretasikan hasil pengolahan data hingga teknik penyusunan laporan penelitian di produksi. Komponen praktisnya  adalah  mengembangkan  kecakapan  membaca  dan  menulis  penelitian  serta berfikir kritis, pendefinisian masalah, pengumpulan data dan analisis data.

MANAJEMEN OPERASI STRATEGIS/STRATEGIC OPERATION MANAGEMENT (3 SKS)

Mata kuliah ini akan mengupas secara optimal terkait strategi manajemen operasi; menganalisis teknologi proses; menganalisis penerapan layout dan lokasi dalam manajemen operasi; menganalisis manajemen kualitas; menganalisis perencanaan sumber daya; menganalisis pengelolaan persediaan; menganalisis sistem produksi tepat waktu; menganalisis penyelesaian proyek; menganalisis supply chain management.

MANAJEMEN RANTAI PASOK BERKELANJUTAN/SUSTAINABLE SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (3 SKS)

Mata kuliah Supply Chain and Logistic Management ini meliputi pengembangan dan dasar- dasar dari disiplin ilmu logistik dalam struktur rantai pasokan, menyajikan visi masa depan bisnis logistic, dan SCM dan perannya dalam persaingan antar perusahaan dan industri.

PENINGKATAN KUALITAS DAN SIX SIGMA/IMPROVING QUALITY AND SIX SIGMA (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman perlunya pengoperasian sistem terintegrasi pada suatu organisasi manufakturing maupun organisasi jasa secara efisien dan produktif guna peningkatan kualitas produk maupun proses yang dihasilkan. Six sigma yang merupakan salah satu metode perbaikan untuk meningkatkan kualitas produk dengan cara mengurangi  cacat  produk  yang  terjadi.  Metode  ini  bertujuan  untuk  mengurangi  tingkat variasi dan defect pada proses, sehingga dapat dihasilkan kualitas yang lebih baik dengan lima langkah yakni Define, Measure, Analyze, Improve, Control (DMAIC).

MANAJEMEN PROYEK RANTAI PASOK/SUPPLY CHAIN PROJECT MANAGEMENT (3 SKS)

Mata Kuliah Manajemen Kinerja merupakan mata kuliah yang membekali  pengetahuan mahasiswa   dengan   mengedepankan   penguasaan   topik   utama   yaitu,   Prinsip   Dasar Manajemen Kinerja dan karakteristik Kinerja; Proses dan Siklus Manajemen Kinerja; Efektifitas Penerapan Manajemen Kinerja;  Proses Perencanaan dan Pengembangan Kinerja; Penilaian  dan  Peningkatan  Kinerja;  Evaluasi  Manajemen  Kinerja;    Peran  Manajemen Kinerja.