Human Capital Management

Human Capital Management

MATA KULIAH WAJIB

RISET HUMAN CAPITAL MANAJEMEN/HUMAN CAPITAL MANAGEMENT RESEARCH (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiwa   menulis tesis dengan melatih mereka untuk dapat melakukan atau mengevaluasi suatu penelitian khususnya di bidang Manajemen Sumber Daya Manusia. Komponen teoritik dari mata kuliah ini adalah memperkenalkan falsafah penelitian kuantitatif dan kualitatif serta memberikan suatu pemahaman luas mengenai metode pengolahan data, cara menginterpretasikan hasil pengolahan data hingga teknik penyusunan laporan penelitian di bidang Manajemen Sumber Daya Manusia. Komponen praktisnya adalah mengembangkan kecakapan  membaca dan menulis  penelitian  serta  berfikir  kritis,  pendefinisian  masalah,  pengumpulan  data  dan analisis data.

PENGEMBANGAN ORGANISASI DAN PERUBAHAN/ORGANIZATIONAL DEVELOPMENT AND CHANGE (3 SKS)

Mata kuliah ini menitikberatkan pada pendalaman dan implementasi tentang pengembangan dan perubahan organisasi. Mata kuliah ini akan memberikan mahasiswa kemampuan: menganalisis pengembangan organisasi secara menyeluruh, memformulasikan tentang perencanaan perubahan organisasi, memformulasikan tentang proses merencanakan perubahan, mengimplementasikan setiap tahap dalam proses tersebut, memahami dan mengimplementasikan bentuk-bentuk intervensi.

KINERJA HUMAN CAPITAL/HUMAN CAPITAL PERFORMANCE (3 SKS)

Mata kuliah ini menitikberatkan pada pentingnya peranan manajemen kinerja dalam organisasi, baik organisasi skala kecil dan besar, organisasi profit dan non-profit oriented, organisasi domestik dan global serta untuk seluruh industri. Pengetahuan terkait manajemen kinerja bersifat multidisipliner. Pembahasan berkisar dari level mikro yang berfokus pada individu dan tim (perilaku keorganisasian dan manajemen human capital) sampai kepada level makro yang membahas organisasi sebagai suatu keseluruhan (manajemen stratejik).

MENGELOLA HUBUNGAN KERJA INDUSTRIAL/MANAGING INDUSTRIAL RELATION (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang makna, historis, dan filosofis hubungan industrial, proses, dan mekanisme terjadinya hubungan, serta aspek-aspek hubungan industrial seperti: hubungan kerja, norma kerja, kondisi kerja, syarat-syarat kerja, jaminan sosial dan kesejahteraan tenaga kerja, organisasi-organisasi perburuhan, keselamatan dan kesehatan kerja, perselisihan hubungan industrial.

STRATEGIK MANAJEMEN SDM DAN MANAJEMEN TALENTA INDIVIDU/STRATEGIC HUMAN RESOURCES AND TALENT MANAGEMENT (3 SKS)

Mata kuliah ini memberikan pemahaman terkait manajemen SDM dan talent pool melalui analisis dan evaluasi strategi perencanaan dan fungsi-fungsi MSDM. Mata kuliah ini akan memberikan  kemampuan  kepada  mahasiswa  untuk  melakukan  riset  SDM,  dan  analisa tentang cara bagaimana perusahaan dapat menciptakan work engagement, organizational support, employee performance, competency level, talent pool yang selanjutnya, menganalisasi kebutuhan akan talent disetiap bagian pekerjaan.