Financial & Risk Management

Financial & Risk Management

RISET MANAJEMEN KEUANGAN/FINANCIAL MANAGEMENT RESEARCH (3 SKS)

Pada mata kuliah ini mahasiswa  diberikan pemahaman  mengenai  karakteristik penelitian ilmiah baik penelitian terapan   maupun penelitian murni di bidang manajemen keuangan; yang akan menghasilkan informasi yang akurat dan terkini yang bertujuan untuk pengambilan keputusan manajerial maupun untuk pengembangan ilmu. Penelitian ilmiah disini lebih ditekankan kepada penelitian kuantitatif yang berguna sebagai dasar penyusunan tugas akhir mahasiswa berupa  tesis. Mata kuliah ini juga memberikan keterampilan kepada mahasiswa untuk dapat menyusun usulan penelitian dan laporan penelitian yang siap dipublikasikan.

MANAJEMEN KEUANGAN INTERNASIONAL/INTERNATIONAL FINANCE MANAGEMENT (3 SKS)

Mata  kuliah  ini  bertujuan  untuk  memberikan  pengetahuan  teori,  kebijakan  dan  praktis tentang  aspek  makro  dan  mikro  finance  dari  keuangan  internasional  dan  Forex  Rate Behavior serta memberikan kemampuan untuk menganalisis dan memecahkan permasalahan keuangan  internasional  yang  meliputi  Exchange  Rate  RiskShort  –  Term  Asset  dan Liabilities Management, dan Long – Term Asset & Liabilities Management. Mata Kuliah ini meliputi aspek makro dan mikro finance dari aktivitas Unit Makro Ekonomi (Negara/Pemerintah) dan Unit Mikro Ekonomi (Perusahaan/Organisasi/Perorangan) khususnya yang berkenaan dengan pengaruh fluktuasi kurs valas terhadap aktivitas ekonomi. perdagangan keuangan internasional yang meliputi International Commercial Transaction (Ekspor & Impor barang & jasa) dan/atau International Financial Transaction (Investment, Financing, Budgeting, Earning & Hedging) dan Kinerja Keuangan (Liquiditas, Solvabilitas, Rentabilitas, Aktivitas & Growth Ratio). Untuk itu dalam dalam kuliah ini akan dibahas  keputusan keuangan  perusahaan  seperti  pendanaan jangka pendek  dan  panjang, manajemen arus kas, biaya dan struktur modal, penganggaran modal, pengelolaaan modal kerja dan perdagangan internasional bagi perusahaan internasional dan multinational.

MANAJEMEN RISIKO KORPORASI/ENTERPRISE RISK MANAGEMENT (3 SKS)

Mata kuliah ini diawali dengan membahas upaya perusahaan untuk mengintegrasikan proses manajemen risiko, program -program manajemen risiko perusahaan. serta fungsi chief risk officer di dalam perusahaan. Mahasiswa juga menganalisa risiko kredit, pasar, dan operasional, serta pembahasan tentang bagaimana manajemen risiko mempunyai fungsi kontrol, yang sangat memperhatikan tindakan meminimalkan risiko, kemudian implementasi program  manajemen  risiko  yang  kemudian berkembang fungsinya untuk optimalisasi kinerja perusahaan. Mengingat bahwa salah satu faktor keberhasilan yang paling penting untuk ERM adalah integrasi manajemen risiko ke dalam proses bisnis, maka mahasiswa akan membahas aplikasi dan contoh pengambilan keputusan berbasis risiko. Terakhir, mahasiswa akan meninjau bagaimana merancang dan menerapkan pelaporan dasbor yang efektif untuk pihak manajemen perusahaan.

REKAYASA KEUANGAN/FINANCIAL ENGINEERING (3 SKS)

Mata kuliah ini mengeksplorasi kondisi yang mendasar akan kebutuhan rekayasa keuangan, situasi ketidakpastian usaha, investasi dan situasi keuangan dalam berbagai bentuk menimbulkan resiko yang memerlukan antisipasi, tehnik dan strategi penanggulangan yang optimal. Mata kuliah ini juga sangat komprehensif karena pembahasannya mencakup berbagai  aspek  ilmu  manajemen,  khususnya  manajemen  keuangan,  matematika  dan statistika.  Sepanjang  semester,  mahasiswa  akan  melakukan  pembelajaran  secara  aktif dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kolaboratif dan diskusi kelompok kecil mengenai  berbagai  konsep,  teori,  serta  contoh-contoh  aplikasi  dalam  pengembangan, simulasi dan implementasi rekayasa keuangan. Mahasiswa juga akan diperkenalkan dengan berbagai  tipe produk keuangan  dan turunannya,  yang diimplementasikan dalam  praktek bisnis serta berbagai alat manajemen resiko, sehingga dengan demikian akan memiliki pengalaman belajar dalam melakukan pengambilan keputusan keuangan seorang manajer pada situasi-situasi tertentu yang dihadapi.

MANAJEMEN KEUANGAN STRATEGIS/STRATEGIC FINANCIAL MANAGEMENT (3 SKS)

Mata kuliah ini akan mengupas tentang prinsip dan kerangka analitis manajemen keuangan perusahaan dalam jangka panjang yang dapat dipergunakan oleh para pimpinan dalam pengambilan keputusan yang berkaitan keuangan perusahaan. Mata kuliah juga memberikan mahasiswa kesempatan untuk mengerti teori manajemen keuangan perusahaan dan bagaimana mengaplikasikan pada  kehidupan nyata yang mempunyai dampak pada penciptaan nilai berkelanjutan (generate lasting value impact). Penciptaan nilai yang berkelanjutan tersebut terkait dengan strategi dan model bisnis; alokasi modal; keputusan pendanaan strategis; arsitektur organisasi; manajemen biaya; manajemen risiko perusahaan; merger, akuisisi dan restrukturisasi; dan tata kelola perusahaan (corporate governance).