Communication Management

Communication Management

MATA KULIAH WAJIB KONSENTRASI

RISET DAN EVALUASI PUBLIC RELATIONS/PUBLIC RELATIONS RESEARCH AND EVALUATION (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan untuk mempersiapkan para mahasiwa untuk menulis tesis pada tingkat  Magister serta  melatih mereka  untuk dapat  melakukan  atau  mengevaluasi  suatu penelitian sebagai bagian dari karirnya dalam bidang manajemen komunikasi. Komponen teoritik dari mata kuliah ini adalah memperkenalkan falsafah penelitian kuantitatif dan kualitatif serta memberikan suatu pemahaman luas mengenai metode dasar penelitian. Komponen praktisnya adalah mengembang kan kecakapan membaca dan menulis penelitian serta berfikir kritis, pendefinisian masalah, pengumpulan data dan analisis data.

PENERAPAN TEORI KOMUNIKASI/APPLIED COMMUNICATION THEORY (3 SKS)

Mata kuliah ini memberikan pemahaman pada mahasiswa tentang: Jenis-jenis teori mulai dari perspektif konstekstual, teori komunikasi interpersonal, teori komunikasi kelompok, pengaruh komunikasi massa terhadap individu, pengaruh komunikasi massa terhadap masyarakat dan budaya, audience dan pengaruhnya terhadap komunikasi massa, dan komunikasi organisasi dalam perspektif teori.

PUBLIC RELATIONS STRATEGI/STRATEGIC PUBLIC RELATIONS MANAGEMENT (3 SKS)

Mata kuliah ini memberikan pemahaman pada mahasiswa tentang: PR a strategic management function, PR in organizational context, Positioning PR in organizational management, Budgeting, Control and Evaluation, Latest trend of PR development, Strategic PR management in C-suite, PR in dominant coalition, dan Case studies – PR in different organizations.

PERENCANAAN DAN PROGRAM PUBLIC RELATIONS/PR PLANNING AND PROGRAMMING (3 SKS)

Mata kuliah ini memberikan pembahasan   tentang aspek-aspek perencanaan dan implementasi serta pengelolaan program public relation mulai dari langkah-langkah perencanaan, program public relation jangka pendek dan jangka panjang, pengorganisasian, pengenalan khalayak, penentuan media, hubungan pers dan pengawasan serta evaluasi pelaksanaan humas dalam kerangka manajemen strategisnya sehingga akan memberikan keterampilan kapada mahasiswa dalam melakukan pengelolaan program kerja public relation dengan baik dalam organisasi bisnis, profit maupun pemerintahan.

RESIKO, MASALAH DAN KRISIS MANAJEMEN/RISK, PROBLEMS AND MANAGEMENT CRISIS (3 SKS)

Mata kuliah akan menggambarkan berbagai aspek yang terkait dengan identifikasi masalah, resiko dan krisis manajemen. Dalam kuliah ini yang mahasiswa akan diorientasikan pada pencapaian berpikir sistematis, komprehensif dan kritis dalam mengaplikasikan konsep manajemen identifikasi awal dan reaksi yang terorganisir dalam mempengaruhi proses kebijakan publik. manajemen resiko yang bersifat proaktif, antisipatoris serta terencana yang dirancang untuk mempengaruhi perkembangan sebuah resiko sebelum resiko tersebut berkembang ke tahap yang membutuhkan manajemen krisis