Marketing Management
MATA KULIAH WAJIB KONSENTRASI
RISET MANAJEMEN PEMASARAN/MARKETING MANAGEMENT RESEARCH (3 SKS)
Mata kuliah ini bertujuan untuk mempersiap kan para mahasiwa untuk menulis tesis pada tingkat Magister serta melatih mereka untuk dapat melakukan atau mengevaluasi suatu penelitian sebagai bagian dari karirnya dalam bidang pemasaran. Komponen teoritik dari mata kuliah ini adalah memperkenalkan falsafah penelitian kuantitatif dan kualitatif serta memberikan suatu pemahaman luas mengenai metode dasar penelitian. Komponen praktisnya adalah mengemb angkan kecakapan membaca dan menulis penelitian serta berfikir kritis, pendefinisian masalah, pengumpulan data dan analisis data.
MANAJEMEN PEMASARAN JASA/MARKETING SERVICES MANAGEMENT (3 SKS)
Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami peran penting pengelolaan pelayanan saat ini dan masa yang akan datang. Merancang strategi layanan berkualitas termasuk kerangka kerja untuk manajemen yang berfokus pada pelanggan, dan strategi bagaimana meningkatkan kepuasan dan retensi pelanggan melalui strategi layanan. Mata kuliah ini juga membahas manajemen dan pengukuran kualitas layanan, pemulihan layanan, keterkaitan pengukuran pelanggan dengan pengukuran kinerja, pemetaan layanan, serta penanganan masalah lintas fungsi melalui integrasi pemasaran dengan disiplin ilmu seperti operasi dan sumber daya manusia.
MANAJEMEN PEMASARAN GLOBAL/GLOBAL MARKETING MANAGEMENT (3 SKS)
Mata kuliah Global Marketing Management dirancang untuk memberikan pemahaman mengenai strategi memasuki pasar global dengan memahami lingkungan pasar global (global marketing environments) seperti lingkungan ekonomi, hukum, politik, budaya, perilaku konsumen), penelitian dalam pasar global, menetapkan global marketing strategies dan global marketing tactics dengan mendesain bauran pemasaran yang tepat serta keberlanjutan pemasaran dalam lingkup global.
PEMASARAN STRATEGIK/STRATEGIC MARKETING ( 3 SKS)
Mata kuliah ini bertujuan untuk mengenali peran penting pemasaran strategik dalam manajemen perusahaan dan keterlibatannya untuk menghadapi perkembangan ekonomi di masa mendatang. Pemasaran strategi adalah kegiatan yang sangat penting bagi setiap perusahaan, bukan hanya perusahaan-perusahaan besar yang memiliki departemen pemasaran. Pemasaran strategi penting juga bukan untuk manajer pemasaran saja, tetapi juga untuk orang-orang lain di dalam perusahaan. Pemasaran strategik dapat memiliki pengaruh yang besar bagaimana membuat konsumen puas atau tidak puas, berkenaan dengan produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan. Banyak marketer menghabiskan sejumlah uang untuk meluncurkan produk dan tidak berhubungan dengan orang-orang yang terlibat dalam proses produksi barang maupun jasa dari perusahaan tertentu. Padahal orang- orang inilah sebenarnya yang memerlukan pula apa itu strategi pemasaran. Pemasaran strategik biasanya mengacu pada kisah-kisah sukses di masa lampau, mereka berharap bahwa kesuksesan itu akan berulang lagi sekarang yang kemungkinan besarnya konteksnya sudah berubah sama sekali.
PERILAKU KONSUMEN DAN STRATEGI PEMASARAN/CONSUMER BEHAVIOR AND MARKETING STRATEGY (3 SKS)
Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami kerangka konseptual perilaku konsumen dan berbagai isu yang relavan dalam proses pengambilan keputusan secara terpadu dalam strategi permasaran. Pembahasan menggunakan pendekatan multidisiplin dan berkaitan dengan psikologi, antropologi, sosiologi, dan komunikasi. Selanjutnya dibahas faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam melakukan pembelian baik faktor eksternal seperti budaya, kelas sosial, dan sebagainya; serta faktor internal seperti sikap, kepribadian, gaya hidup, persepsi, dan motivasi.