Marketing Management

Marketing Management

MATA KULIAH WAJIB KONSENTRASI

RISET MANAJEMEN PEMASARAN/MARKETING MANAGEMENT RESEARCH (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan untuk mempersiap kan para mahasiwa untuk menulis tesis pada tingkat  Magister serta  melatih mereka  untuk dapat melakukan atau mengevaluasi  suatu penelitian sebagai bagian dari karirnya dalam bidang pemasaran. Komponen teoritik dari mata kuliah ini adalah memperkenalkan falsafah penelitian kuantitatif dan kualitatif serta memberikan suatu pemahaman luas mengenai metode dasar penelitian.   Komponen praktisnya adalah mengemb angkan kecakapan membaca  dan menulis penelitian serta berfikir kritis, pendefinisian masalah, pengumpulan data dan analisis data.

MANAJEMEN PEMASARAN JASA/MARKETING SERVICES MANAGEMENT (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami  peran penting  pengelolaan pelayanan saat ini dan masa yang akan datang. Merancang strategi layanan berkualitas termasuk kerangka kerja   untuk   manajemen   yang   berfokus   pada   pelanggan,   dan   strategi   bagaimana meningkatkan kepuasan dan retensi pelanggan melalui strategi layanan. Mata kuliah ini juga membahas manajemen dan pengukuran kualitas layanan, pemulihan layanan, keterkaitan pengukuran pelanggan dengan  pengukuran kinerja, pemetaan  layanan,  serta penanganan masalah lintas fungsi melalui integrasi pemasaran dengan disiplin ilmu seperti operasi dan sumber daya manusia.

MANAJEMEN PEMASARAN GLOBAL/GLOBAL MARKETING MANAGEMENT (3 SKS)

Mata kuliah   Global Marketing  Management  dirancang  untuk memberikan  pemahaman mengenai  strategi  memasuki  pasar  global  dengan  memahami  lingkungan  pasar  global (global marketing environments) seperti lingkungan ekonomi, hukum, politik, budaya, perilaku   konsumen),   penelitian   dalam   pasar   global,   menetapkan   global   marketing strategies   dan   global marketing tactics dengan mendesain bauran pemasaran yang tepat serta keberlanjutan pemasaran dalam lingkup global.

PEMASARAN STRATEGIK/STRATEGIC MARKETING ( 3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan untuk mengenali peran penting pemasaran strategik dalam manajemen perusahaan dan keterlibatannya untuk menghadapi perkembangan ekonomi di masa mendatang. Pemasaran strategi adalah kegiatan yang sangat penting bagi setiap perusahaan, bukan hanya perusahaan-perusahaan besar yang memiliki departemen pemasaran. Pemasaran strategi penting juga bukan untuk manajer pemasaran saja, tetapi juga untuk orang-orang lain di dalam perusahaan. Pemasaran strategik dapat memiliki pengaruh  yang  besar  bagaimana  membuat  konsumen  puas  atau  tidak  puas,  berkenaan dengan produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan. Banyak marketer menghabiskan sejumlah uang untuk meluncurkan produk dan tidak berhubungan dengan orang-orang yang terlibat dalam proses produksi barang maupun jasa dari perusahaan tertentu. Padahal orang- orang inilah sebenarnya yang memerlukan pula apa itu strategi pemasaran. Pemasaran strategik  biasanya  mengacu  pada  kisah-kisah  sukses  di  masa  lampau,  mereka  berharap bahwa kesuksesan itu akan berulang lagi sekarang yang kemungkinan besarnya konteksnya sudah berubah sama sekali.

PERILAKU  KONSUMEN  DAN  STRATEGI  PEMASARAN/CONSUMER BEHAVIOR AND MARKETING STRATEGY (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami kerangka konseptual perilaku konsumen dan berbagai  isu  yang  relavan  dalam  proses  pengambilan  keputusan  secara  terpadu  dalam strategi permasaran. Pembahasan menggunakan pendekatan multidisiplin dan berkaitan dengan psikologi, antropologi, sosiologi, dan komunikasi. Selanjutnya dibahas faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam melakukan pembelian baik faktor eksternal seperti budaya, kelas sosial, dan sebagainya; serta faktor internal seperti sikap, kepribadian, gaya hidup, persepsi, dan motivasi.